DKIPS HADIRI PERTEMUAN PENYUSUNAN PERENCANAAN RESPON COVID-19 DALAM RANGKA PEMENUHAN HAK-HAK ANAK

Waikabubak – DKIPS, yang diwakili oleh Kepala Seksi Aplikasi dan Layanan Teknologi Informasi, Jamaludin Hs Bey, S.Kom hadiri Pertemuan Penyusunan Rencana Penanganan Covid-19 dalam Rangka Pemenuhan Hak-Hak Anak pada hari Kamis, 23/07/20 bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat. Pertemuan ini merupakan kegiatan yang disponsori oleh Perkumpulan Stimulant Institute (PSI) dan Save The Children (STC).

Sebagaimana penyampaian Stefanus Makambombu selaku Direktur Perkumpulan Stimulant Institute dalam sambutannya bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk mendukung gugus dalam membuat perencanaan upaya pencegahan dan penanganan dampak COVID-19 dan melakukan analisa stackeholder, dengan outcomes peningkatan peran/partisipasi masyarakat dalam pemenuhan hak-hak anak, maka dalam sesi penyampaian diskusi analisa situasi, identifikasi permasalahan dan kendala, identifikasi solusi/rencana aksi, Jamaludin menyampaikan bahwa beberapa kelemahan, tantangan /hambatan yang dihadapi DKIPS dalam tuntutan pelayanan ditengah pandemic covid yaitu Jumlah SDM Aparatur TIK yang terbatas, juga Keterbatasan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi yang berakibat dengan belum meratanya aksesibilitas sinyal telekomunikasi baik telepon maupun internet dibeberapa wilayah; masih rendahnya pemahaman SDM Masyarakat terkait TIK serta adanya sikap acuh masyarakat baik terhadap perkembangan TIK maupun terhadap himbauan menghadapi era new normal, seperti wajib masker masih menjadi hal yang sulit dilakukan masyarakat. Namun demikian tuntutan transformasi digital di masa pandemic juga di era kenormalan baru merupakan suatu peluang bagi DKIPS dalam menyusun strategi pengembangan pelayanannya terkait TIK.

Lebih lanjut disampaikan pula dalam pertemuan tersebut DKIPS siap mendukung kegiatan Gugus Tugas dalam pencegahan dan penanganan COVID -19 di Kabupaten Sumba Barat, sebagaimana yang telah dilaksanakan selama ini, baik dalam bentuk sosialisasi pemberian penyuluhan calling keliling, fasilitasi pelaksanaan virtual meeting dan berbagai kegiatan lainnya terutama terkait TIK. Hal ini sejalan dengan penyampaian pesan Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumba Barat , Ir. Yanis Eklemens Luther Chr. Loebaloe dalam sambutan pembukaan kegiatan bahwa penanganan COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat adalah tugas kita bersama semua stake holder terkait, dan hanya akan tercapai bila kita mempunyai hati dan tujuan yang sama.

Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan DPRD Kabupaten Sumba Barat; perwakilan dari 10 Perangkat Daerah terkait yang diundang yaitu Setda Kab Sumba Barat, Bapelitbangda, BPBD, Dinas Pendidikan, DKIPS, DPMD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas P3A, Dinas PPKB; serta dari PKK Kabupaten Sumba Barat. (RED.DKIPS-AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *